Thursday, May 2, 2013

KEMATIAN YESUS


KEMATIAN YESUS

Q Di Matius 12:40 disebutkan Yesus akan mati 3 hari dan 3 malam, padahal Jumat Yesus mati sampai minggu Yesus bangkit cuma 3 hari 2 malam, kan?.

A Kalo ngelihat laporan yang diberikan Injil Matius, Markus, Lukas, Yohanes dan yang diterima secara umum oleh sarjana-sarjana yang berkompeten, Yesus dikubur pada hari Jum’at petang dan bangkit pada hari Minggu pagi. Dalam Matius 12:40 disebutkan “tiga hari tiga malam” dan karena itu dianggap harus 3 x 24 jam. Kalau diperhatikan jelas bahwa Yesus berada di dalam kubur hanya sedikit bagian dari hari Jum’at, sepenuh hari Sabtu dan sedikit bagian dari hari Minggu. Jadi kemungkinan hanya setengah dari 72 jam atau dengan kata lain hanya dua malam satu hari. Kalau begitu tidak sesuai dengan Matius 12:40 “tiga hari tiga malam”?

Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum memecahkan persoalan ini adalah memperhatikan prinsip-prinsip penafsiran nubuatan. Salah satu prinsip nubuatan adalah bahwa kita harus memperhatikan bahasa dari nama-nama, peristiwa-peristiwa, geografi, kebiasaan-kebiasaan, kebudayaan, flora, fauna dan musim yang disebutkan dalam nubuatan. Dalam kaitan dengan nubuatan, tiga hari tiga malam tidak harus dipaksakan dalam pengertian 72 jam sebab itu bisa memusingkan. Ungkapan itu harus dipahami dalam penggunaan orang Yahudi. Mereka yang memaksakan tepat 72 jam menganggap bahwa Yesus disalib pada hari Rabu, maka perhitungan 72 jam akan jatuh pada hari Sabtu sore, sedangkan Tuhan Yesus bangkit pada hari Minggu pagi.

Bagi orang Yahudi ungkapan satu hari satu malam dipakai untuk menunjukkan satu hari, sekalipun yang dimaksudkan adalah sebagian dari hari itu. McDowell dan Steward ngasih bukti penggunaan dalam Perjanjian Lama. Misal dalam Kejadian 42:17 disebutkan bahwa saudara-saudara dimasukkan dalam tahanan selama tiga hari. Tetapi pada ayat 18 disebutkan bahwa mereka dilepaskan pada hari yang ketiga. Demikian juga dalam 1 Samuel 30:12 disebutkan bahwa seorang Mesir yang dihadapkan kepada Daud tidak makan dan tidak minum “selama tiga hari tiga malam”. Pada ayat 13 disebutkan bahwa ia telah ditinggalkan oleh tuannya tiga hari yang lalu (bukan tiga hari tiga malam tepat).

Dalam Matius 16:21 disebutin kalo Tuhan Yesus mulai menyatakan kepada murid-muridNya mengenai kebangkitanNya “pada hari ketiga”. Seandainya harus 72 jam maka kebangkitan Yesus akan jatuh pada hari yang ke-4 dong. Pendapat ini dikuatkan dengan pernyataan pada Matius 27:62-66. Imam-imam kepala dan orang-orang Farisi menghadap Pilatus meminta agar kubur mendapat penjagaan sampai “hari yang ketiga” sebab mereka masih ingat perkataan Yesus “Sesudah tiga hari Aku bangkit”. Melihat bukti-bukti ini jelas bahwa bagian-bagian Alkitab justru saling mendukung untuk mengungkapkan kebenaran Allah dalam nubuatan. (hits)

No comments:

Post a Comment