Tuesday, April 23, 2013

SHOW ME YOUR LOVE!



SHOW ME YOUR LOVE!

Love is not a choice, it’s a command. (Kasih itu bukan pilihan, tapi perintah)

Apa perintah yang utama dan paling utama? Kasihilah... Stop dulu. Apa kata pertama dari perintah Tuhan yang paling penting itu?  KASIH. Kadang kita suka lupa, kalo kasih itu bukan sebuah pilihan, tapi sebuah perintah! Tuhan gak menganjurkan kita buat mengasihi, tapi menyuruh kita buat saling mengasihi.

“Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.” (Yohanes 13:34)

Kenapa kasih ini penting? Soalnya seluruh hukum taurat malah seisi Alkitab itu tergantung sama yang namanya ’kasih’ (Matius 22:40). Bayangin kalo gak ada kasih, gak akan ada Alkitab. Kalo gak Alkitab, kita mana bisa tau tentang Tuhan, kalo kita gak tau tentang Tuhan, gimana hidup kita jadinya? Itulah pentingnya kasih buat hidup kita. 

Ada satu teori sosial yang bilang kalo manusia itu bisa berubah sifatnya sesuai dengan orang yang paling dekat sama dia. Kalo dia dekat sama orang pemarah, dia bakal ikutan jadi pemarah. Kalo dekat sama orang yang cengeng, dia bakal ikutan jadi cengeng. Itu otomatis lagi. Gak usah mikir gimana caranya. Terjadi gitu aja. Jadi kalo mo bisa punya kasih kayak Tuhan, kita mesti dekat sama Tuhan, baru bisa mengasihi kayak Dia. Gimana biar bisa dekat sama Dia? Siapin waktu buat Dia tiap hari. Say hi sama Dia tiap hari. Dengerin Dia ngomong tiap hari. Dijamin kita bakal dekat sama Dia. 

SMKK (Standar Minimum Kehidupan Kristen)
Kalo dulu (ato yang masih) sekolah ada istilah SKBM (Standar Ketuntaasan Belajar Minimum) ato nilai minimum yang mesti kita dapat biar bisa lulus, sebagai orang Kristen kita juga punya yang namanya SMKK (Standar Minimum Kehidupan Kristen) yang mesti kita capai kalo kita mo punya hidup kekal. Bedanya kalo di sekolah standarnya angka. Di kekristenan, standarnya cuman satu. Kasih.

Kenapa kasih yang jadi standar minimum hidup orang Kristen? Soalnya itu yang Tuhan bilang. Karena lewat kasih kita, orang bakal tau kita itu orang Kristen ato bukan.

“Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi”. (Yohanes 13:35)

Makanya gak heran, kalo di Alkitab, ada banyak ayat yang ngomong soal kasih. Karena emang itu standar yang mesti kita punya sebagai orang Kristen. Menurut Alkitab ada 3 jenis orang yang mesti kita kasihi.

1.        Tuhan
Kalo Tuhan sih wajib hukumnya. Malah perintah utama en pertama dari Tuhan Yesus adalah ” Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.” (Matius 22:37).

2.        Sesama
Perintah kedua Tuhan yang sama pentingnya dengan perintah pertama adalah ”Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”(Matius 22:39). Siapa sesama kita? Ternyata kalo kita liat lagi dari perumpamaan orang Samaria yang baik hati, sesama manusia kita itu bukan cuman orang percaya doang. Tapi semua orang. Gak peduli orang percaya, gak percaya. Itu sesama kita.

3.        Musuh
Kelompok orang terakhir yang mesti kita kasihi itu musuh kita. Alkitab jelas-jelas bilang sama kita buat mengasihi musuh kita di Roma 12:12 Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.

SHOW YOUR LOVE!
Dari tadi kita udah ngomongin soal kasih, gimana caranya biar punya kasih. Tapi ada satu hal penting terakhir yang mesti kita inget. Kasih itu bukan cuman omong doang, tapi mesti ditunjukkin.

Love is not a word. Love is an action.
(Kasih itu bukan kata-kata. Kasih itu tindakan)

Jadi boong gede kalo kita bilang punya kasih, tapi kita gak bikin apa-apa. Kita cuman diam aja. Bengong. Bisanya cuman ngomong doang, ’Aku mengasihi kamu.’ Buktinya mana?

So kita mesti belajar juga buat tunjukkin kasih kita lewat tindakan kita. Masih ingat ’kan tadi kita ngomongin soal tiga orang yang mesti kita kasihi, Tuhan, sesama sama musuh kita. Nah kita mesti tunjukkin kasih kita sama tiga orang tadi. Kita mesti tunjukkin kasih kita sama Tuhan, sama sesama, sama musuh.

Gimana caranya kita tunjukkin kasih kita sama Tuhan?
Jawabannya ada di Yohanes 14:23

Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku

Jadi kalo kita bilang kita mengasihi Tuhan kita akan menuruti semua firmanNya. Tapi gak bisa dibalik ya, menuruti firmanNya baru mengasihi Dia. Karena kita baru bisa menuruti firmanNya kalo kita udah mengasihi Dia duluan.

Gimana caranya kita tunjukkin kasih kita sama sesama?
Ada banyak caranya. Coba baca lagi What can we do. Di situ ada beberapa ide yang bisa kita pake buat tunjukkin kalo kita mengasihi sesama kita.

Gimana caranya kita tunjukkin kasih kita sama musuh?
Sebenarnya caranya gampang, tapi yang susah itu mo gak kita lakuinnya. Soalnya ini musuh kita. Orang pertama yang gak pengen kita temui. Orang yang udah bikin kita kesal setengah mati. Apa kita bisa? Ya, kalo kita penuh dengan kasih, kita bisa mengasihi musuh kita.

Jadi gimana caranya menunjukkan kasih kita sama musuh kita? Alkitab kasih tau kita caranya di Roma 12:12

Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum!

Artinya kita jangan beda-bedain perlakuan kita sama musuh kita. Kalo dia lagi butuh bantuan ya tolongin. Kalo dia lagi susah, ya bantu. Intinya kita berbuat baik sama musuh kita.

Nah kalo kita udah bisa tunjukkin kasih kita sama semua orang en bukan omong doang, baru dunia bisa liat kalo kita adalah murid Yesus. Dengan gitu kita juga udah jadi garam en terang dunia.

No comments:

Post a Comment