Wednesday, April 24, 2013

BIBLE ZOO



BIBLE ZOO

Selain di kebun binatang terapung di jaman Nuh, kita-kita juga bisa nemuin banyak binatang disebutin di Alkitab, dan banyak diantaranya nggak cuman iseng doang disebutin, but ada maksud-maksud Tuhan di dalamnya dan kita bisa belajar banyak dari binatang-binatang itu. So, let’s go to the zoo. (B)

1. Keledai
Pasti dah pada tau kisah Bileam dan keledainya yang bisa bicara kan? Kalo nggak tau, baca Bilangan 22. Gara-gara Bileam nggak mau denger kata Tuhan, keledai tunggangannya dibuat Tuhan bisa bicara buat negor Bileam sampe Bileamnya terkaget-kaget. Hmm... makanya jangan bandel ya, kalo Tuhan ngomong itu harus didengerin!

2. Gagak
Disebutkan sebanyak 12 kali dalam Alkitab. Selain dipakai Tuhan untuk membawa roti dan daging 2 kali sehari pada Elia di sungai Kerit (1 Raja 17:1-7), gagak juga digunakan untuk mengingatkan kita supaya jangan kuatir tentang makanan (baca Lukas 12:24). Padahal burung gagak itu burung yang rakus lho, kalo di dekatnya nggak ada makanan maka gagak cenderung mencuri benih gandum yang ditebarkan oleh petani. Seperti Lukas 12:24 katakan kalo gagak rakus aja nggak pernah kekurangan makanan karena dipelihara oleh Tuhan, terlebih kita anakNya.

3. Semut
Ada 12 spesies semut hidup di Israel. Biar cuman disebutin 2 kali di Alkitab (di Amsal 6:6-8 dan 30:25) tapi semuanya berisi tentang karakter semut yang harus kita contoh yaitu rajin. Binatang yang kecil mungil en kalo diinjek pake kelingking kita aja mati, ternyata meninggalkan teladan buat kita. Di Matius 25:26 Yesus pernah bilang nggak suka ama orang yang jahat dan malas melalui sebuah perumpamaan tentang hamba yang jahat dan malas. Bahkan Tuhan bilang kalo orang pemalas itu sahabatnya si iblis! (“Orang yang bermalas-malas dalam pekerjaannya sudah menjadi saudara dari si perusak” Amsal  18:9)

4. Cicak
Salomo dibuat heran oleh cicak. Binatang kecil ini ternyata ada dimana-mana karena cekatan. Bahkan di istana raja yang megah dan bersihpun cicak bisa masuk. Itu artinya kita jangan menjadi rendah diri hanya karena kita ‘orang kecil’ atau lemah, tapi kita harus cekatan dan rajin dan bisa ‘masuk’ kemana-mana! (Amsal 30:28)

5. Behemot (Kuda nil/badak/dinosaurus)
Di Ayub 40:15-19 disebutkan seekor binatang yang dalam terjemahan Indonesia menjadi Kuda Nil. Tapi dalam bahasa Inggrisnya disebut sebagai Behemoth. Menurut beberapa tafsiran, Behemot adalah sejenis badak, yang lain menyebutkannya sebagai seekor dinosaurus, seperti yang dideskripsikan oleh Ayub yakni binatang yang bertaring seperti pedang, kaki sebesar pohon aras dan otot-otot yang sangat besar. Behemot menggambarkan kuasa Tuhan yang dijelaskan kepada Ayub: dia hanya makan rumput tapi kekuatannya hanya Tuhan yang bisa menaklukannya! (“Di antara segala makhluk-Ku dialah yang paling menakjubkan; hanya oleh Penciptanya saja ia dapat ditaklukkan!” Ayub 40:19 BIS)

6. Rajawali
Inilah burung favorit anak Tuhan, ya enggak? Soalnya sering dipakai di Alkitab untuk menggambarkan kekuatan, kecepatan dan keperkasaan. Di Yesaya 40:31 “...tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah”. Burung rajawali menggunakan badai untuk terbang lebih tinggi, buat dia badai (masalah) itu nggak menakutkan justru menguntungkan. Ia membangun rumahnya di gunung batu yang tinggi, menggambarkan kita harus selalu diam di gunung Tuhan. Matanya tajam dan bisa melihat jarak yang jauh, menggambarkan kita harus terfokus pada tujuan dan bisa ‘melihat’ masa depan (visi). Pengen jadi rajawali-rajawali rohani yang keren? Nantikanlah Tuhan!!

7. Singa
“Singa, binatang terkuat di antara segala binatang dan tidak gentar terhadap apa saja” (Amsal 30:30). Singa sudah punah di Palestina dan sekitarnya, ia hanya hidup di sana pada masa Perjanjian Lama. Sangat sering disebutkan di Alkitab (sampai 130 kali), karena singa menjadi simbol dari kekuatan, kekuasaan, keberanian, martabat, kebuasan dan keganasan. Yesus sendiri disebut sebagai Singa dari Yehuda (Wahyu 5:5). Tapi di 2 Tim 4:17 singa menggambarkan iblis, dan di 1 Petrus 5:8 iblis juga digambarkan seperti singa ompong (karena hanya mengaum-aum) di sekeliling kita.

8. Anjing
Sekalipun jaman sekarang anjing adalah ‘sahabat terbaik’ manusia, di Alkitab anjing dijadikan gambaran negatif. Sebanyak kurang lebih 50 kali muncul di Alkitab dan kesemuanya untuk menggambarkan kenajisan, sesuatu yang menjijikkan. Di Amsal 26:11 “Seperti anjing kembali ke muntahnya, demikianlah orang bebal yang mengulangi kebodohannya”. Salomo menggunakan anjing untuk menyamakannya dengan orang bebal. Jadi kalo sebagai orang percaya kita masih jatuh bangun dalam dosa yang sama berarti kita sama dengan … (isi sendiri ya…).

9. Katak
Katak sebenarnya bukan binatang langka di Palestina, tapi Katak hanya disebutkan sebagai tulah buat orang Mesir jaman Musa. Hanya ada dua macam katak yang sekarang ada di Israel yakni rana esculenta (katak merah) dan hyla arborea (katak hijau pohon). Katak di Perjanjian baru dipakai untuk menggambarkan roh najis.  “Dan aku melihat dari mulut naga dan dari mulut binatang dan dari mulut nabi palsu itu keluar tiga roh najis yang menyerupai katak.” (Wahyu 16:13)

10. Merpati
Burung Merpati adalah burung yang paling banyak disebutkan di Alkitab (lebih dari 50 kali), mungkin itu karena burung ini banyak beterbangan di Palestina dan bersahabat dengan manusia (jinak). Dalam perjanjian lama, Merpati pertama kali disebut pada waktu Nuh ingin tau apakah banjir sudah surat atau belum (Kejadian 8:8), juga dijadikan syarat untuk menghapus dosa. Di perjanjian baru dijadikan simbul kesucian, tulus hati (Matius 10:16) dan simbol dari Roh Kudus sendiri (Matius 3:19).

No comments:

Post a Comment