Tuesday, April 23, 2013

PHILIP MANTOFA: THE RISING STAR OF GOD



PHILIP MANTOFA: THE RISING STAR OF GOD



Masih muda, ganteng, terkenal, dipake Tuhan luar biasa, mungkin itu empat kata yang paling pas buat gambarin Pdt. Philip Mantofa, BRE. Seorang hamba Tuhan muda yang dipake Tuhan dengan kuasa en mujizat. Biarpun masih muda (di bawah 40 taun), beliau udah jadi wakil ketua sinode Gereja Mawar Sharon en dipake sama Tuhan buat bikin banyak mujizat en menangin ribuan jiwa buat Tuhan.

Kalo GF!ers belum pernah dengar nama beliau sebelumnya, wah ketinggalan tuh...soalnya beliau ini bisa dibilang salah satu bintangnya Tuhan yang lagi bersinar. Nah biar kita bisa lebih kenal sama hamba Tuhan yang satu ini, yuk kita ikutin wawancara GF! sama Ko Philip (nama panggilan akrab Pdt. Philip). (dp)

Masa kecil Ko Philip
Waktu kecil Ko Philip udah sering pergi ke luar negeri. Lahir di Indonesia, umur 6 taun udah ke Taiwan, gak lama terus pindah lagi ke Singapura, udah gede pindah lagi ke Canada. Ko Philip pindah-pindah negara gitu bukan karena kebanyakan duit, tapi karena waktu kecil dia penyakitan, en nakalnya luar biasa.

‘Waktu kecil saya emang lemah sekali. Saya menderita penyakit lemah tulang, jadi saya sulit berjalan normal seperti orang lain. Belum lagi saya suka kejang-kejang kayak orang ayan. Tingkat IQ saya juga dibawah batas normal. Makanya saya sempat mau dimasukkan sekolah luar biasa. Untungnya gak jadi. Sejak saat itu saya dipindahin ke Taiwan. Buat berobat sekaligus belajar.

‘Dari Taiwan saya sempat balik lagi ke Indonesia. Terus pindah lagi ke Singapura. Di Singapura ini saya mengalami banyak pengalaman dengan Tuhan. Di Singapura, kenakalan saya makin menjadi-jadi. Gak ada hari yang gak saya lewatin tanpa berantem sama teman. Tiap hari saya mesti mukulin orang, baru puas. Di Singapura juga saya belajar ilmu hitam. Saya beli buku-buku tentang ilmu kebatinan. Saya praktekin ilmu itu. Saya meditasi, mengundang roh jahat buat masuk dalam diri saya, en hasilnya? Luar biasa. Saya jadi sangat kuat. Gak ada lagi orang yang berani sama saya. Semua takut sama saya.’

Pertobatan
‘Saya hidup seperti itu selama beberapa taun. Sampe akhirnya saya belajar di Canada. Di sana saya berjemaat di sebuah gereja yang isinya orang Indonesia semua. Walaupun namanya berjemaat, tapi kenyataannya saya cuma sekedar jadi pengunjung. Saya gak pernah benar-benar mau peduli sama apa yang hamba Tuhan saya omongin.

‘Suatu hari saya benar-benar merasa udah gak ada artinya en pengen bunuh diri. Tapi selalu gagal. Dua minggu setelah pencobaan bunuh diri saya yang terakhir saya ke gereja. Di sanalah saya bertemu Yesus. Bener-bener bertemu Yesus. Muka dengan muka. Jadi ceritanya begini. Waktu itu ada altar call. Hamba Tuhan manggil semua orang yang belum bertobat buat maju ke depan. Saya belum bertobat, tapi saya gak mo maju, malah saya mo pulang. Begitu saya mo keluar pintu gereja, saya dengar suara Tuhan, “Philip, kalo kamu hari ini gak diselamatkan kamu gak akan selamat selamanya!”

‘Begitu dengar itu saya langsung lari ke depan mimbar en saya liat ada cahaya yang luar biasa banget terangnya. Saya merasakan Yesus ada dalam cahaya itu. Seperti apa yang dialami Paulus. Setelah hari itu saya benar-benar dibebaskan. Saya dibaptis, dilepaskan dari semua roh jahat en mulai melayani Tuhan.’

Awal pelayanan
‘Awal pelayanan saya? Hmmm...waktu itu, setelah bertobat saya putusin buat masuk sekolah Alkitab di Canada. Taun 1994 saya ke Ungaran, sebuah kota kecil di Jawa Tengah. Waktu itu saya dapat tugas praktek dari sekolah Alkitab saya. Di sanalah buat pertama kalinya saya liat kuasa Tuhan bekerja dengan dahsyat. Ada banyak orang yang dijamah Tuhan en sekarang udah jadi pendeta. Ada kebangkitan rohani yang terjadi waktu itu yang melahirkan banyak gereja baru. Apa yang terjadi waktu itu bukan karena saya, tapi karena Tuhan. Itulah kuasa doa dan mujizat.

‘Taun 1998 saya balik lagi ke Indonesia en bergabung dengan Gereja Mawar Sharon Surabaya. Tapi belum sebagai wakil gembala sidang. Cuma jemaat biasa. Waktu itu saya belum terpanggil buat jadi hamba Tuhan sepenuh waktu. Saya masih punya bisnis waktu itu, walaupun saya masih tetap melayani. Jadi bolak-balik Surabaya Semarang. Bisnis saya di Surabaya, tapi pelayanan di Semarang. Taun 2000, saya diminta membantu Gereja Mawar Sharon yang waktu itu sedang dalam goncangan. Waktu itu saya pegang jemaat pemudanya. Sejak taun 2000 itulah saya jadi hamba Tuhan sepenuh waktu sampe sekarang. Bisnis saya lepasin, saya kasih ke orang lain. Saya fokus pelayanan aja.’     

Rahasia kuasa Ko Philip
Kalo kita datang ke pertemuan-pertemuan yang diadain Ko Philip, kita bakal rasain hadirat Tuhan yang luar biasa banget. Hadirat Tuhan yang bukan biasa-biasa tapi benar-benar bikin kita sadar kalo kita ini orang berdosa en butuh Tuhan. Makanya gak heran begitu Ko Philip adain altar call ratusan orang langsung lari ke depan panggung, nangis-nangis, berlutut minta ampun sama Tuhan. Apa sih rahasianya bisa kayak gitu?

‘Brokenness. Itu rahasia saya.’  Kata Ko Philip. ‘Hati saya selalu hancur waktu liat generasi ini. Tiap kali saya liat generasi yang terhilang ini, saya selalu merasa hancur. Saya bahkan rela mati demi generasi ini. Dari hati yang hancur inilah lahir iman, mujizat.’

Selain hati yang hancur, Ko Philip juga ngaku kalo dia selalu punya disiplin rohani yang ketat.

‘Ya, saya selalu lakuin disiplin rohani. Apa yang saya lakuin dulu waktu saya pertama kali bertobat, saya tetap lakuin sampe sekarang. Saya tetap berdoa sekian jam tiap hari. Saya baca sekian pasal tiap hari. Saya bersekutu dengan Tuhan tiap hari. Tapi itu bukan poin utamanya. Poin utamanya adalah hati saya selalu hancur bagi generasi ini. Itu aja.

The man behind Ko Philip
Seorang Philip Mantofa gak bisa jadi kayak sekarang kalo gak ada orang-orang yang dipake sama Tuhan buat bentuk dia. Waktu ditanya siapa sih orang-orang yang berjasa bisa bikin Ko Philip kayak sekarang, Ko Philip nyebutin beberapa nama.

Emang secara pribadi saya gak punya bapa rohani yang ajarin saya secara khusus, harus gini, harus gitu. Tuhan pake banyak orang buat bentuk hidup saya. Mulai dari keluarga saya, istri saya, anak-anak saya, sampe jemaat saya. Tapi secara khusus saya merasa berhutang banyak sama dua orang, Pdt. Sonny gembala saya waktu saya di Kanada. Beliau yang mengawasi pertumbuhan rohani saya di masa awal kehidupan rohani saya. Dan Pdt. Joesoef Soetanto gembala sidang, sekaligus ketua sinode Gereja Mawar Sharon en bapa mertua saya.

Ko Philip en kegerakan Tuhan di Indonesia
Buat saya gak penting apa nama kegerakan yang lagi Tuhan bawa di Indonesia. Buat saya yang penting itu kita back to bible. Apa yang Alkitab bilang supaya kita lakukan? Beritakan Injil pada segala makhluk. Waktu kita memberitakan injil, Tuhan yang akan bawa kita ke mana-mana. Saya udah menyaksikan hal ini. Makanya saya gak pernah mo pusing dengan apa nama kegerakan yang kata orang sedang kita alami. Buat saya, beritakan Injil, sisanya Tuhan yang bawa kita masuk dalam kegerakanNya.

‘Makanya di gereja kita (Gereja Mawar Sharon), saya cuma menekankan dua hal. Satu, gereja adalah rumah kedua kita. Artinya kita semua yang ada di gereja adalah satu keluarga besar. Artinya hubungan kita dengan sesama saudara seiman itu mesti dibangun dengan baik. Kalo hubungan kita dengan Tuhan baik, hubungan kita dengan sesama juga akan baik.            

Dua, saya selalu menekankan pada jemaat kalo mereka itu adalah aset yang berharga, yang Tuhan udah titipin sama saya. Saya bukan yang punya mereka. Mereka itu punya Tuhan. Saya cuma dikasih kepercayaan sama Tuhan buat bikin mereka bertumbuh, dewasa secara rohani en kalo mereka udah dewasa, utus mereka keluar, untuk memperluas Kerajaan Allah di bumi.’

Ko Philip en pembapaan
Satu hal yang menonjol dari Ko Philip adalah sifatnya yang kebapaan banget. Makanya gak heran kalo Ko Philip punya banyak anak-anak rohani. Sebagian besar anak-anak rohaninya sekarang udah pada jadi hamba Tuhan yang powerful kayak bapa rohaninya, salah satunya Pdt. Yosep Moro Wijaya yang kotbahnya pernah dimuat di GF! edisi 95.

Apa kata Ko Philip tentang pembapaan?

‘Pembapaan itu belajar mencintai orang-orang yang Tuhan cintai. Banyak banget dong?  Emang. Tapi kita mesti ngerti kalo kita gak bisa cintai semua orang. Ada keterbatasan. So, mulailah cintai orang yang dekat dengan kita. Yang pasti yang pertama perlu kita cintai itu keluarga kita sendiri terus baru keluarga kita dalam Tuhan.

‘Mencintai itu harus dengan motivasi kasih. Jangan kita membapai seseorang dengan tujuan kalo orang itu udah sukses, kita minta ganti rugi sama dia. Kita mesti jadi teladan buat orang yang kita bapai. Tanpa ada motivasi lain. Kalo mereka udah besar, ya bersyukurlah. Jangan terus minta pamrih.’ 

Profil
Nama lengkap: Pdt. Philip Mantofa, BRE
Tanggal lahir: 27 September 1974
Nama istri: Irene Saphira Mantofa
Nama anak: Vanessa Mantofa, Jeremy Mantofa
Melayani sebagai: Wakil Gembala sidang Gereja Mawar Sharon       

No comments:

Post a Comment