Monday, April 22, 2013

TERJUN KE NIAGARA



TERJUN KE NIAGARA

Ceritanya di air terjun Niagara, lagi banyak orang yang lagi menikmati pemandangan. Gak tau kenapa, tiba-tiba salah satu dari orang yang ada di situ jatuh ke air terjun. Semua orang kaget. Tapi gak ada yang berani nolongin, semuanya diam. Sampe ada seorang yang terjun en nyelamatin orang itu. Singkat cerita abis berhasil naek ke darat, orang itu ditanya apa yang bikin dia berani nyebur menolong orang yang terjatuh tadi ke tengah air terjun yang gede itu. Jawabannya ternyata mengejutkan. Dia bilang, ‘Saya gak mau terjun, tapi ada orang yang dorong saya dari belakang. Jadi terpaksa deh...’

Cerita itu nunjukin kalo susah banget deh buat kita punya inisiatif. Padahal kalo kita baca di Alkitab, Yesus itu orang yang paling berinisiatif sedunia. Masak sih kita anak-anakNya kurang berinisiatif? BTW apa sih inisiatif itu? Kalo menurut kamus sih inisiatif itu artinya, tindakan yang mula-mula dimunculkan oleh seseorang. Artinya gak ada yang nyuruh, bukan tugasnya tapi dia lakuin juga. Itu yang namanya inisiatif.

Ok, sekarang balik lagi, dari mana kita tau Yesus itu orang yang paling berinisiatif? Dari banyaknya ayat yang bilang, ‘Maka tergeraklah hati Yesus...’, ‘Tergeraklah hatiNya...,’ ‘HatiKu tergerak...’. Semua ayat-ayat itu nunjukin inisiatif Yesus.  

Apa sih keuntungannya kalo kita jadi orang yang berinisiatif? Kita pasti disukai banyak orang. Siapa sih orang yang gak suka sama orang yang bantuin orang lain? Kalo udah disukai orang, jadi tambah banyak teman deh. Kalo udah banyak teman, yang untung kita juga. Gimana ya supaya kita bisa punya inisiatif kayak Yesus?

Kita mesti kalahin dulu tiga musuh utama inisiatif yang disebutin di Matius 25:25-26. Apa aja tiga musuh inisiatif itu?

1.        Takut
Kenapa orang gak mau inisiatif? Soalnya takut sama resikonya. Kalo gue berinisiatif nanti gimana, kelanjutannya apa? Nah, mendingan gue gak inisiatif. Ini musuh pertama yang mesti kita kalahin.

2.        Jahat
Maksudnya jahat bukan jahat kayak penjahat. Jahat disini itu lebih ke arah picik. Ato bahasa kerennya cuek, mikirnya sempit, pengennya untung sendiri, gak pengen bayar harga lebih. Orang yang mikirnya ‘kan bukan kerjaan gue, pasti gak akan pernah inisiatif. So lawan jauh-jauh pikiran kayak gitu.

3.        Malas
Kalo yang satu ini emang susah. Gimana cara lawan rasa malas kalo kita sendiri gak mau bangun? Jadi jangan malas, en mulailah berinisiatif.

Oh ya, satu lagi. Kalo kita baca perumpaan tentang talenta di Matius 25:14-30, kita gak akan temuin kalimat yang bilang kalo tuan itu nyuruh hamba-hambanya mengembangkan talenta yang dikasih sama mereka. Tapi itu inisiatif mereka sendiri buat mengembangkannya. En kita semua tau hamba yang gak mengembangkan talentanya malah dihukum. Artinya Tuhan juga gak suka dengan orang yang gak inisiatif. Jadi mulailah jadi orang yang inisiatif dengan sering-sering nanya sama orang lain, ‘Ada yang bisa saya bantu?’ (dp)


No comments:

Post a Comment