Tuesday, April 23, 2013

SIAPA SIH MANUSIA PERTAMA ITU?



SIAPA SIH MANUSIA PERTAMA ITU?
Sebagai orang Kristen, kalo kita ditanya siapa manusia pertama di dunia, kita pasti jawab Adam. Tau dari mana? Kata Alkitab. Tapi ternyata kalo pertanyaan yang sama kita tanyain sama orang dari belahan dunia lain, jawabannya bisa beda-beda. Mau tau apa aja jawaban mereka, kita liat yuk... [CS]

Siapa manusia pertama? Adam!
Itu kata kitab suci agama keturunan Abraham: Yahudi, Kristen (termasuk Katolik), Islam, en Bahai. Semua penganut agama itu percaya kalo Adam itu diciptain dari debu tanah, terus ke lubang hidungnya Adam, Tuhan tiupin napas hidup. Cuma, emang gak pernah jelas waktu pertama diciptain Adam itu udah gede atau masih kecil, masih balita atau masih remaja. Yang pasti sehari abis diciptain, Adam udah bisa ngobrol sama Tuhan, malah bisa kasih nama binatang. Artinya dia udah bisa berpikir kayak orang dewasa.

Nah, sedikit intermezzo aja. Apa Adam punya pusar? Soalnya orang ‘kan punya pusar. Adam gimana? Itu kayaknya bakal jadi pertanyaan terbesar sepanjang sejarah deh, hehehe...

Siapa manusia pertama? Adam Kadmon!
Kalo kata pengikut ajaran Kabbalah, manusia pertama itu Adam Kadmon. Pastinya nama itu diambil dari Alkitab. Katanya Adam Kadmon ini manusia pertama yang gak ada cacat celanya. Pokoknya dia sempurna banget deh.

 Siapa manusia pertama? Malaikat Mikhael!
Ini kebenaran versi Gereja Mormon. Jadi ceritanya abis kalahin iblis di sorga, Mikhael turun ke bumi en menjelma sebagai manusia pertama yang kita kenal sebagai Adam.

Siapa manusia pertama? Ask (cowok) sama Embla (cewek)!
Kalo nanya orang Viking di Eropa Utara sana, kita bakal denger cerita manusia pertama itu diciptain sama para dewa: Vili, Ve, en Odin.  Nama manusia pertama itu Ask sama Embla. Gak jelas mana yang duluan, Ask atau Embla. Yang pasti, manusia itu dibuat dari kayu sebatang pohon.  Abis selesai dibuat masing-masing dewa itu ngasih ‘hadiah’ sama manusia. Yang satu ngasih napas hidup. Yang satu lagi ngasih kepandaian en gerakan. Yang terakhir ngasih kemampuan berbicara, melihat, en mendengar. Jadilah manusia yang sempurna. BTW, selesai diciptain, Ask sama Embla langsung dikasih baju loh sama para dewa itu. Kayak apa ya bajunya?

Siapa manusia pertama? Wah gak jelas tuh...
Jangan tanya orang Babel siapa manusia pertama. Percuma, mereka juga gak tau namanya. Cuma, yang pasti manusia pertama itu diciptain dari darah en daging makhluk dewa yang jahat yang namanya Kingu. Si Kingu ini dihancurin karena melawan dewa-dewa lainnya.

Siapa manusia pertama? Gayomard!
Kalo kita tanya orang Persia (sekarang Iran), siapa manusia pertama? Mereka bakal jawab Gayomard. Ceritanya si Gayomard ini diciptain sama Ahuramazda, dewa terang yang lahirnya barengan sama dewa kegelapan, Ahriman. Karena dua dewa ini perang, Gayomard mati. Tapi spermanya dibawa Ahuramazda ke matahari. Dari sana jatuh benih yang tumbuh jadi sebuah tanaman. Dari dalam tanaman ini muncul keturunan manusia yang bernama Mashyagh en Mashyanagh.

Siapa manusia pertama? Raven Man!
Si Raven Man ini manusia pertama versi orang-orang yang tinggal di daerah Arktik. Siapa dia, dari mana asalnya, gak jelas. Tau-tau aja waktu cuma ada kegelapan, dia muncul en ciptain langit, bumi, cahaya, en orang-orang yang mengisi bumi.

Siapa manusia pertama? Purusha!
Di kitab Veda, kitab suci agama Hindu, diceritain kalo suatu hari Dewa Wisnu inkarnasi (kayak Yesus aja...) dalam sebuah telur emas. Inkarnasi Wisnu ini dikenal dengan nama Purusha.  Sesudah menciptakan tanah, air, api, udara, en ruang angkasa, Purusha ini lalu dikorbanin sama para dewa. Dari bagian tubuhnya lahir bahasa, penciuman, penglihatan, pendengaran, en pikiran.

Siapa manusia pertama? Pan Gu!
Gak kalah aneh sama India, orang Cina juga punya cerita penciptaan yang aneh.  Manusia pertama versi mereka itu namanya Pan Gu, setengah dewa, setengah raksasa. Dia itu menetas dari telur emas yang udah mencapai keseimbangan yin yang selama 18 ribu taun (ck..ck..ck..). Si Pan Gu ini menciptakan bumi dari napasnya, suaranya, matanya, tangannya, en kakinya. Cairan tubuh Pan Gu jadi hujan en sungai, dagingnya jadi tanah, rambutnya jadi bintang. Coba tebak dari mana manusia selanjutnya? Dari metamorfosis kutu di tubuhnya!

Siapa manusia pertama? Siapa ya...
Kalo orang Mongol punya kisah penciptaan yang mirip-mirip sama Alkitab. Jadi ceritanya, manusia pertama, laki-laki en perempuan (yang gak jelas namanya) diciptain dari tanah liat. Tuhan lalu minta kucing sama anjing untuk jagain mereka karena Dia mau ambil air kehidupan kekal dari mata air keabadian. Tapi waktu Tuhan lagi pergi, setan datang lalu nipu anjing en kucing pake iming-iming daging en susu. Nah waktu lagi lengah, setan mengencingi sepasang manusia itu! Tuhan yang baru balik, marah. Dia membasuh manusia dengan air keabadian, tapi telat. Manusia udah kehilangan hidup kekal karena setan udah keburu merusaknya.

Siapa manusia pertama? Kintu!
Kata orang Uganda, manusia pertama itu Kintu. Dia married sama Nambi, anak perempuan Dewa Gulu. Kintu en Nambi punya banyak anak. Tapi karena gak mau berbagi anak sama Walumbe, kakak laki-laki Nambi, Walumbe membawa anak-anak itu pada kematian.

Siapa manusia pertama? Tiki!
Kata orang Maori, Tiki adalah manusia pertama (di beberapa legenda lain, bukan Tiki yang jadi manusia pertama, tapi seorang perempuan yang namanya Hineahuone). Karena kesepian, Tiki pergi ke pantai. Dia nyemplung ke laut, tetapi gak ketemu siapa-siapa di sana. Tiki yang kecewa lalu tidur. Tiba-tiba muncul perempuan dari laut yang akhirnya jadi istri Tiki. Dari mereka ini lahir generasi-generasi manusia selanjutnya. Tiki sendiri jadi dewa en ngasih tanah-tanah baru di atas laut (yang sekarang kita kenal sebagai pulau-pulau kecil di laut Pasifik) untuk ditinggali oleh keturunannya.

No comments:

Post a Comment