Monday, April 22, 2013

10 BIBLE HI-TECH

10 BIBLE HI-TECH


Percaya nggak kalo di Alkitab banyak sekali nubuatan teknologi yang ada jaman sekarang kayak tv, telepon, mobil dsb? ‘Ah, masa sih? Gw gak pernah tuh baca di Alkitab ada kata mobil, helikopter, robot, dsb tuh!’. Ya nggak ada laaaaah, masa nggak ada dong! Soalnya waktu nabi-nabi Tuhan yang nulis kitab-kitab diberi penglihatan oleh Tuhan tentang masa sekarang, mereka nggak tau apa yang mereka liat, so mereka menggambarkannya dengan kata-kata narasi, puisi atau hiperbola. Misalnya waktu nabi Nahum liat mobil ngebut, ia menuliskannya sebagai kereta galak yang kejar-kejaran. (dp | F, dari berbagai sumber)

1. TV “Dan orang-orang dari segala bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya...” (Wahyu 11:9) Coba, gimana caranya biar satu kejadian bisa diliat sama semua orang sedunia di waktu yang bersamaan? Ya pastinya lewat TV. Nah, sekarang kita mesti inget kalo ayat ini ditulis 2000 taun yang lalu. Emang sih Yohanes nggak bilang apa-apa soal TV atau alat yang bisa bikin semua orang sedunia liat mayat dua nabi itu. Tapi kita bisa ambil kesimpulan kalo waktu itu Yohanes lagi liat TV cuma dia nggak tau namanya.

2. Radio “Dapatkah engkau melepaskan kilat, sehingga sabung-menyabung, sambil berkata kepadamu: Ya?” (Ayub 38:35) Dimana-mana juga nggak ada kilat yang bisa bilang ‘ya’ sama kita. Tapi gelombang suara (yang mirip kilat kalo kita bisa liat) bisa ‘ngomong ya’ sama kita. Gimana cara kita ‘nangkep’ kilat gelombang suara itu? Pake radio. Jadi itu yang sebenarnya diliat Ayub, gelombang suara yang ditangkap radio. Bukan kilat.

3. Tank “...aku melihat...kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya;...memakai baju zirah, merah api dan biru dan kuning belerang warnanya; kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa, dan dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang.” (Wahyu 9:17) Coba pake imajinasi kita dikit, bayangin kuda yang ada penunggangnya. Warna baju zirahnya merah, biru, kuning. Ok, udah? Sekarang bayangin lagi kepala kudanya kayak kepala singa, en bisa keluarin api. Kebayang nggak? Pasti nggak. Ya iya lah nggak kebayang, soalnya yang diliat Yohanes itu mungkin sebenarnya tank yang menembakkan peluru dan asap. Cuma karena dia gak tau itu tank, jadi dia jelasin kayak gitu.

4. Helikopter “Rupanya seperti kuda, dan seperti kuda balapan mereka berlari. Seperti gemertaknya kereta-kereta, mereka melompat-lompat di atas puncak gunung-gunung...” (Yoel 2:4-5) Pernah liat kuda balap di film-film jaman dulu? Biasanya mereka suka pake semacam penutup kepala gitu. Sekarang bayangin helikopter. Mirip nggak sama kuda balap jaman dulu? Jadi nggak salah dong kalo Yoel bilang mereka itu kayak kuda balap yang bisa loncat dari gunung ke gunung (bayangin adegan film perang yang ada helikopternya, terus di latar belakangnya ada gunung-gunung). Dalam terjemahan lain disebutkan benda itu bersuara bising seperti kereta, mungkin karena helikopter itu emang ngeluarin suara bising, ‘tul?

5. Mobil “Kereta melaju galak di jalan, kejar-mengejar di lapangan; kelihatannya seperti suluh, berpacu seperti kilat.” (Nahum 2:4) Pernah nonton balap mobil F1? Pasti tau dong gimana cepatnya. Kebayang ‘galak’nya mereka kejar-kejaran di ‘lapangan’ kayak ‘kilat’. So ngerti ‘kan apa yang dimaksud sama ayat ini? Atau mungkin Nahum melihat mobil-mobil itu di malam hari sehingga seperti suluh atau kilat lampunya.

6. Pesawat “...yang melintasi lintang bujur bumi... pasukan berkudanya datang menderap, dari jauh mereka datang, terbang seperti rajawali yang menyambar mangsa.” (Habakuk 1:6-8) Kalo kita baca Habakuk 1:6-8 dengan lengkap, kita bakal liat di sana disebutin satu bangsa yang gede, yang bisa melintasi garis lintang en garis bujur (gimana bisa kalo gak pake pesawat?) en pasukan berkudanya bisa terbang kayak rajawali (apalagi namanya kalo bukan pesawat?)

7. Bom atom “Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah...” (Yoel 2:30-31) Menurut kesaksian korban yang selamat dari bencana bom atom di Jepang, waktu bom atom dijatuhin di sana terjadi kebakaran massal: api di mana-mana, orang pada mati, darah di mana-mana, matahari nggak keliatan karena ketutupan asap yang tebel banget. Cocok ‘kan sama ayat barusan kita baca?

8. Senjata kimia “daging mereka akan menjadi busuk, sementara mereka masih berdiri, mata mereka akan menjadi busuk dalam lekuknya dan lidah mereka akan menjadi busuk dalam mulut mereka.” (Zakaria 14:12) Ayat ini gambarin dengan jelas banget apa yang terjadi sama orang yang kena serangan senjata biologi. Kurang lebih kayak gitu deh efeknya. Semua yang ada di badan kita akan jadi hancur dalam sekejap padahal masih berdiri.

9. Internet “hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam. Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar; tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi..” (Mazmur 19:3-5) Gimana cara paling cepat kasih kabar ke seluruh dunia dalam sehari? Lewat internet dong. Di ayat ini Daud gambarin dengan jelas gimana dia liat orang pake internet. Gak ada suara, gak ada kata, tapi efeknya nyampe ke seluruh dunia dengan akses sepanjang hari dan malam 24 jam!

10. Robot “Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa...” (Wahyu 13:15) Apa yang kebayang sama kita kalo baca ayat ini? Patung yang bisa jalan sendiri? Jaman sekarang kita ngerti kalo pasti ada yang gerakin tuh patung biar bisa bergerak, namanya mesin. En kita kenal patung yang bisa jalan sendiri kayak manusia itu sebagai robot. Tapi dulu kan Yohanes ‘kan belum tau.

www.gfreshmagazine.blogspot.com

No comments:

Post a Comment