Monday, April 22, 2013

MEYCHAN: JADI DEWASA DENGAN DOA



MEYCHAN:
JADI DEWASA DENGAN DOA
Kalo selama ini kita cuman kenal Meychan sebagai seorang penyanyi sekuler, siap-siap aja kaget. Ternyata Meychan juga adalah anak Tuhan yang taat. Ini dia petikan wawancara GF! sama Meychan di Kantor Management Duo Maia di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Tuhan buat Meychan
"Tuhan adalah kekuatanku
Bersama Dia ku tak akan goyah
Kukan terbang tinggi bagai Rajawali
Melakukan perbuatan yang besar…"

Lagu Bagai Rajawali ini sering keluar dari mulut mungil seorang Meychan waktu dia sedang dalam masalah. Personil kelompok Duo Maia ini jelasin kalo dia selalu jadiin Yesus sebagai tempat pengaduannya.

"Tuhan itu kekuatanku," kata perempuan bernama asli Dita Anggraeni ini. "Se-down-down-nya kamu, kamu tuh masih punya Tuhan," tambahnya meyakinkan. Meychan gak malu cerita kalo dirinya sering nyanyiin lagu itu sambil nangis ngadu ke Tuhan. Hasilnya, dada Meychan yang sesak rasanya jadi lega kembali.

"Jangan menghadapi masalah hidupmu sendiri, kalo sendiri bisa stres, tapi kita bisa menghadapinya dengan Tuhan," kata Meychan penuh semangat. Meychan kasih contoh, kita sering minta tolong sama pacar kalo diganggu orang, sama kita juga bisa minta tolong Tuhan kalo kita alami masalah dalam hidup.

Lahir di Malang, 14 Mei 1986, Meychan tumbuh jadi remaja yang tomboi. Waktu remaja hobinya memelihara anjing herder  yang dikasih nama Jordan. Meychan yang sangat dekat dengan keluarga akhirnya harus jauh dari orang tua sejak umur 18 tahun untuk bekerja. Nah, pengalaman hidup inilah yang bikin Meychan makin dekat dengan Tuhan. Meski tiap hari sang mama di Malang selalu mengubunginya en doain dia, tapi Meychan kadang susah ungkapin isi hatinya ke orang yang sangat dicintainya itu. Meychan gak pengen dirinya terlalu dikhawatirin sama sang mama. Kalo gak ada tempat mengadu itulah Meychan rasain kehadiran Yesus yang selalu memberikan kedamaian di hatinya.

“…Kukan terbang tinggi bagai rajawali
Dan melayang tinggi dalan kemuliaanNya
Biar bumi bergoncang dan badai menerpa
kukan terbang tinggi bersama Dia…”

Mujizat
"Aku dulu bukan apa-apa, kalo tiba-tiba sekarang aku dapat kerjaan yang secara finansial sangat naik, kalo bukan tangan Tuhan yang bekerja, siapa lagi?,"

Tentang hal ini Meychan punya sebuah kisah menarik.  Suatu hari abis kerja sambil duduk di mobil dia menengadah ke langit lalu tanya sama Tuhan apa dirinya akan bernyanyi dari kafe ke kafe terus. Pada saat itu juga Meychan berpikir positif dan rasain Tuhan berkata kalo dirinya akan jadi seseorang. Sekarang apa yang dulu pernah dia yakini, terbukti udah. Meychan sangat yakin dalam situasi apapun en apapun yang dia lakukan, Yesus selalu ada en hadir. Cerita Meychan boleh jadi contoh yang membuat kita yakin kalau Tuhan pasti akan menjawab doa kita.

"Aku merasa beruntung en bersyukur bahwa aku dilahirkan di keluarga kristen, kalopun ada agama lain di lingkungan kita, kita harus menghargai itu, tapi mengenal Yesus adalah energi positif buat aku."

 Meychan jelasin banyak energi positif yang dia dapat dari cerita-cerita Alkitab yang selalu bikin dirinya berpikir positif bahwa selalu ada jalan keluar dari Yesus.

Toleransi
Biar sekarang dia udah sibuk sama segudang aktivitas, Meychan yang sering kebaktian di GKI Pondok Indah ini masih berusaha loh aktif di persekutuan yang diadakan sama teman-temannya. Siapa sangka, management Meychan yang sebagian besar berasal dari agama lain justru sering kasih jadwal persekutuan doa, kenalin sama pendeta di Jakarta, ngajak aktif di kegiatan-kegiatan sosial. Meychan sangat bersyukur dirinya dikelilingi orang-orang yang punya toleransi tinggi. Toleransi ini ajarin Meychan menghargai umat beragama lain. Hal ini juga yang bikin dia aktif dalam kegiatan sosial lintas agama. Sekarang Meychan sama Maia, rekannya di Duo Maia, jadi Duta Anti Narkoba.

Meychan ngaku dia senang dengan hal-hal yang berhubungan dengan sosial. Mulai dari kasih sedekah pada pengemis di pinggir jalan sampe dengarin curhatan pasien rehabilitasi narkoba. (Wow...rupanya di tengah-tengah kesibukannya Meychan masih sempat mengunjungi pusat rehabilitasi narkoba hanya untuk sekedar mendengarkan curhat!) Situasi-situasi menyedihkan yang dia liat selalu bikin Meychan yang lagi sibuk nyiapin album barunya, mengucap syukur dengan keadaannya sekarang.

Pesan-pesan
"Jangan lupa doa. Doa sangat penting karena dengan doa kita memperoleh kedamaian dan doa akan mendewasakan kita," tegas Meychan yang mengaku selalu berdoa setiap malam. Biarpun baru 22 tahun en ngaku selalu pulang ke Malang kalo dapat hari libur, Meychan itu terliat cukup dewasa. Rupanya itu rahasia Meychan keliatan dewasa. Doa. Patut ditiru juga tuh. (Erika Mariana Tambunan)




1 comment:

  1. luar biasa... very inspiring... sukses terus ya buat meychan,, kita-kita disini yang nothing bisa menjadi luar biasa.... amin

    ReplyDelete