Monday, April 22, 2013

TANYA KENAPA??

T A N Y A   K E N A P A ????

Danar, temen satu kost GF! udah 2 hari ini nggak kelihatan batang hidungnya. GF! sebagai tetangga sekaligus temen yang lumayan kompak mulai was-was en curiga, jangan jangan Danar bun…….. (huss… dalam nama Tuhan Yesus jauhlah itu dari Danar!!)

GF! memberanikan diri gedor-gedor kamar Danar, tapi tetep nggak ada jawaban, akhirnya GF! nekat naik tangga untuk ngintip kamar Danar, ternyata si Danar cuma duduk ngelamun, dengan tampang kucel, nggak ngapa-ngapain selama dua hari, nggak makan, nggak minum, nggak mandi apalagi gosok gigi.

GF!:Oh no, harus diambil tindakan preventif nih, jangan sampe si Danar kesurupan en bertindak macem-macem karena kelamaan melamun” pikir GF!

GF!: ”Danar... Danar... please buka pintunya!!!”, pinta GF! yang sudah hampir setengah jam ngetok-ngetok kamar Danar.

(Akhirnya Danar mau buka pintu)

GF!: ”Hei, ada apa, man? Loe lagi ada masalah ya? Kenapa, kenapa, kenapa?”

Danar: ......... (diam seribu satu bahasa)

GF!: ”Nar, nggak ada masalah yang nggak bisa diselesaikan, semua pasti ada jalan keluarnya”

Danar: ”Percuma!!!”

GF!: ”Percuma? apanya yang percuma?”

Danar: Percuma doa tanya Tuhan nggak ada jawabannya!!

GF!: Emang loe nanya apa?

Danar: Tanya kenapa?

GF!: ”Hah... tanya kenapa??” balas GF! makin bingung

Danar: Iya aku nanya sama Tuhan, kenapa, kenapa, kenapa semua masalah ini nimpa aku, kenapa aku diskors dari pelayanan di gereja, kenapa aku di PHK, kenapa si Dilla mutusin aku, en lebih memilih sama cowo lain, padahal loe tau sendiri gimana perjuangan gue untuk mempertahankan hubungan ini. Gue udah dimusuhin, ditentang sama seluruh keluarga gara-gara gue tetep milih Dilla. Nah sekarang.... semuanya rontok.. karir, hubungan, pelayanan.

GF!: ”Oowww serius juga nih masalahnya” kata GF! dalam hati

GF!:God, aku mesti ngomong apa sama si Danar, tolong aku Roh Kudus!” seru GF! dalam hati

GF!: ”ehem.. eeee...”

GF! mencoba mencari kata-kata yang pas, sambil terus berdoa dalam hati minta pertolongan Roh Kudus memimpin kata-kata GF! supaya perkataan GF! bisa memulihkan Danar.

GF!: Nar, kadang pertanyaan kita salah sama Tuhan, jangan tanya ”KENAPA TUHAN, KENAPA TUHAN?” harusnya kita naik lebih tinggi lagi ”UNTUK APA MASALAH INI ADA, TUHAN?” nah kalo pertanyaan kita udah bener, maka akan datang jawaban yang bener juga.

Danar: Apa maksud loe?

GF!: Loe ganti pertanyaannya dari ”kenapa, Tuhan?”, jadi ”untuk apa masalah ini ada, Tuhan?”

GF!:God, please lembutkan hati Danar, supaya bisa mendengar suara-Mu melalui aku” doa GF! dalam hati.

God: Go ahead son,I’ll be with you.

GF!: Nar, ada 3 alasan kenapa masalah itu Tuhan ijinkan kita alami. Pertama, untuk menyatakan kesalahan. Yang namanya manusia, kalo nggak dikasih hukuman, pasti bakalan chaos, alias nggak karuan, kacau, jadi nggak terkendali. Nah Tuhan kasih hukuman untuk nyadarin manusia akan kesalahannya. Gue jadi keinget sama om gue yang sekarang udah pelayanan di Medan, waktu mudanya jangan ditanya badungnya kayak apa, doyan mabok, doyan  ganja, doyan judi, doyan main cewe, doyan berantem, lebih tepatnya lagi dia itu kepala preman. Semua anggota keluarga udah berbuih kali mulutnya ngotbahin dia. Hamba Tuhan udah ngelayanin. Pokoknya keluarga udah buat berbagai cara supaya om gue ini tobat, tapi bertaun-taun tetep aja profesinya jadi preman, sampe akhirnya suatu kali pas dia mau ke Bandung, bus yang dia tumpangi jatuh ke jurang, busnya hancur. Om gue ngalamin luka parah, rusuk, tangan, kaki en giginya patah, kupingnya robek.

Danar mulai tertarik mendengarkan.

GF!: Baru deh om gue bertobat. Ada orang jenis begini, ”dipukul” Tuhan dulu baru mau tobat, seperti Raja Daud bilang  Sebelum aku tertindas, aku menyimpang, tetapi sekarang aku berpegang pada janji-Mu”. Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu” (Mazmur 119:67,71)

GF!: Tuhan ijinkan masalah ini menimpa om gue, karena Dia sayang, Dia nggak mau jiwa om gue binasa. Jadi ada orang yang tertindas dulu, ngalamin masalah, dapet hukuman dulu, baru bertobat.

GF!: Yang kedua, masalah ada supaya kita punya iman yang teruji. Tuhan pengen tau kalo kita mengalami masalah apa kita masih bisa bilang, ”aku mengasihi Engkau Tuhan”? Apa kita masih tetep setia  melayani en tetep ngucap syukur sama Tuhan? Loe tau kan apa yang dialami sama Sadrakh, Mesakh en Abednego. Biar kata mereka taat en cinta Tuhan mereka alamin yang namanya masalah juga. Masalah tuh nggak pandang bulu, mau orang yang taat ato nggak taat, masalah tetep ada. Nah, sekarang reaksinya yang beda. Begitu Sadrakh, Mesakh en Abednego dihadapkan pilihan tetep nyembah Tuhan ato masuk perapian yang menyala-nyala, mereka jawab ”Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja, tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu (Daniel 17-18), alias sekalipun mereka ditolong ato gak mereka tetap nyembah Tuhan.

GF!: Nah, Tuhan kepengen iman kita seperti ini, iman yang teruji, ada masalah tetep setia sama Tuhan, orang yang macem begini pertolongan hanya masalah waktu, Iman yang teruji akan menghasilkan berkat.

Danar manggut manggut, sambil ngeliatin wajah GF!.

GF!: Yang ketiga, masalah ada untuk menyatakan kasih Tuhan. Waktu Musa minta ijin pada Raja Firaun supaya bangsa Israel diijinkan pergi mempersembahkan korban kepada Tuhan di padang gurun (Kel 5:2), apa yang diperbuat Firaun? Dia malah memperlakukan bangsa Israel lebih bengis lagi, lebih kejam. Malah Tuhan membuat hati Raja Firaun makin keras hati walopun 10 tulah telah menimpa bangsa Mesir. Apa tujuannya?

GF!: Supaya bangsa Israel liat tangan Tuhan yang kuat memimpin mereka keluar dari tanah perbudakan, menunjukkan mujizat-mujizat yang besar en pertolongan-Nya pada umat-Nya. 

Danar: ”Trus, masalah gue masuk kategori keberapa? Kesatu, dua atau tiga?”

GF!: Itu dia yang kudu loe tanya sama Tuhan. Hmmm... tapi gue rasa loe masuk ketiganya deh.

Danar : ”Masuk akal juga sih yang loe bilang” Danar mulai tersenyum sedikit

GF!: Nar, kadang apa yang kita pikir baik belum tentu baik di mata Tuhan. Apa yang kita pikir buruk belum tentu buruk di mata Tuhan.

Danar: Gimana, gimana? Gue belum ngerti.

GF!: Pernah nggak loe denger kesaksian ada seorang pria yang hari itu ada jadwal meeting penting dengan seorang klien, mereka sepakat jam 1 siang ketemu di Hotel JWM, nggak tahu gimana tiba-tiba ban mobilnya kempes, dicari-cari tukang tambal ban, nggak nemu-nemu. Karena dikejar waktu, dia naik taksi, di tengah jalan tol malah macet total, bayangin di jalan tol macet, ternyata ada mobil mogok di depan jadi macet parah. Si pria ini udah nggak tenang, uring-uringan terus, ngomel-ngomel plus sungut-sungut. Dia masih terjebak macet padahal udah jam 1 siang. Si pria ini pengen marah, gondok, pokoknya campur aduk deh. Tapi satu jam kemudian terdengar berita dari radio di taxi itu kalo tepat jam 1 siang ada ledakan bom hebat di hotel tempat meeting tadi. Pria tadi baru bersyukur, berterima kasih sama Tuhan, nangis minta ampun sama Tuhan, untung aja Tuhan buat banyak rintangan sehingga dia nggak nyampe ke hotel tadi.

GF!: Kita pikir sesuatu yang buruk telah menimpa kita, padahal Tuhan merancangkan yang baik. Kita pikir Tuhan nggak nolong, nggak melindungi kita, kenapa kok Tuhan diem aja.. Justru Tuhan mau melindungi kita, justru Tuhan mau nolong kita.

GF!: Jadi jangan anggap kalo kamu punya masalah berarti Tuhan ninggalin, justru Dia mau menyelamatkan kamu, bersyukur aja, pertolongan Tuhan tinggal masalah waktu,  kamu pasti dapat jawabannya.

Satu bulan kemudian.
Danar: ”Lagi sibuk ya? ”

sapa Danar sambil ngetok kamar GF! yang terbuka

GF!: Ah enggak juga, masuk!

Danar: Eh, GF! bener yang loe bilang, untung gue di PHK, kalo nggak gue udah diciduk polisi kali, masalahnya perusahaan gue itu memanipulasi pajak besar-besaran ke pemerintah, mereka bikin dua laporan keuangan, jadi bagian keuangan semua diinterogasi, Direktur Keuangannya sekarang udah ditahan. Untung untung untung, praise God banget!!

GF!: Oh ya? Selamat deh loe, trus si Dilla gimana?

Danar: Halah... Dia sih udah nggak kepikiran lagi, gue sekarang udah punya kecengan baru di gereja.

GF!: Dasar loe.

Danar: Gue bersyukur banget diselamatkan dari cewek yang salah. Mana kita beda agama, terus dia selingkuh pula. Yang sekarang bikin gue lebih happy, keluarga gue sekarang perhatiaan banget sama gue.

Danar: Besok gue mau interview di perusahaan  XYZ, dukung doa ya, man.

GF!: Pasti! Toast dulu dong. Yang penting kalo loe diterima traktir gue.

Danar: Yoi boss!!
-megi-

No comments:

Post a Comment