Thursday, May 2, 2013

MENGAMPUNI DAN MELUPAKAN



MENGAMPUNI DAN MELUPAKAN
Oleh Jonathan Prawira
G=1   4/4

G                           C       D      G                  C        D
Kaumenanggung kutuk dosaku betapapun besarnya itu
     Bm  Em Am          D  Am                         D
Sehingga Bapa di Surga memalingkan wajah dariMu
G                 C         D      G                  C        D
Kaulunasi hutang dosaku betapapun mahalnya itu
Bm         Em Am      D      G                   D  D
Tak pernah sekali jua Kaumengungkit lagi masa lalu

        G          Em
Mengampuni dan melupakan
  Am                 D       E7
Itulah yang Engkau lakukan (ajarkan)
G               C                       F   D
Supaya ku kan mengampuni
D7               G
Dan melupakan

Suatu kali kita dicopet di sebuah KKR. Apa perasaan kita? Kesel banget kan? Tapi Tuhan ngajarin kita buat Forgive en forget lho! Bagaimana cara kita mengampuni dan melupakan peristiwa pencopetan terhadap diri kita? Dengan melaporkan ke polisi. Bukan karena kita membencinya tetapi karena kita tidak ingin orang lain menjadi korban yang sama. Lalu jangan biarkan pencopetan itu menjadi kenangan buruk yang membuat kita trauma ke KKR tetapi membuat kita semakin berhati-hati menjaga dompet ketika beribadah di KKR.  To forgive artinya kita tidak mau dendam atau benci terhadap orang yang bersalah. To forget artinya kita tidak mau menjadi trauma karena kesalahan tersebut.
  
Dendam dan mengingat kenangan buruk itu merusak hidup kita sendiri. Nggak bisa makan enak, nggak bisa tidur enak, dengan kata lain nggak bahagia. Sementara orang yang berbuat kesalahan itu hidupnya baik-baik saja. Kita udah jadi korban sekali karena kesalahan orang lain, jangan mau jadi korban dua kali akibat dendam dan kenangan buruk. Dengan memaafkan dan melupakan kita menyelamatkan kita sendiri dari menjadi korban kedua kalinya. So, itu bukan untuk kepentingan TUHAN atau kepentingan orang yang telah berbuat jahat kepada kita, tapi demi kebaikan diri kita sendiri.
  
Forgive en forget itu nggak mudah. Yesus saja perlu bergumul sampai berkeringat darah di taman Getsemani waktu hendak memilih apakah mengampuni dosa kita atau membinasakan kita. Tetapi Yesus menang dalam pergumulanNya. Kalo kita ngerasain gimana susahnya forgive en forget kita jadi mengetahui rasanya penderitaan Yesus waktu mengampuni kita, dan kita jadi menghargai pengampunan Yesus.

Tapi ada tips supaya kita dapat forgive en forget:  
#1 Dengan mendekatkan diri kepada TUHAN yang maha adil. Pembalasan adalah hak TUHAN. Forgive en forget  tidak melepaskan orang itu dari penghakiman TUHAN, tetapi Forgive en forget hanya berarti kita tidak main hakim sendiri.
  
#2 Dengan menjadi jujur kepada diri sendiri. Sebenarnya, kita pun tidak luput dari kesalahan. Kali ini orang bersalah kepada kita, suatu saat kita pun bersalah kepada orang lain.
  
#3 Dengan menjadi bijak. Mungkin saja orang itu tidak tahu ia bersalah. Mungkin ia melakukannya karena ia pernah menjadi korban.
  
#4 Dengan bersikap ksatria. Forgive en forget membuktikan kebesaran hati kita kepada dunia bahwa kita berbeda dari orang tersebut.



Powered by
BAHANA TRINITY

ALWAYS STAY TUNE!
On Radio Program

Yes This Is Worship
setiap Jumat pk. 23.00

Dreams Come True
setiap Sabtu jam 17.00

At
RPK FM 96.3  – Jakarta
Bethany FM 93.8  – Surabaya
Indovision - Channel  210

No comments:

Post a Comment